Selasa, 16 November 2010

Obama: Selamat Merayakan Idul Adha

Posted by Muhammad zakky Ridho On 22.44 No comments

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, beserta istri mengirim pesan selamat Idul Adha kepada umat Muslim di penjuru dunia. Pesan yang sama juga disampaikan pemerintah Inggris, melalui Menteri Luar Negeri William Hague.

"Michelle dan saya mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha kepada umat Muslim di seluruh dunia dan mendoakan keselamatan bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah Haji," demikian pernyataan tertulis Obama dari Gedung Putih, Washington DC.

Tahun ini, hampir tiga juta jamaah haji yang berasal dari lebih 160 negara – termasuk Amerika Serikat – berkumpul di Mekah dan sekitarnya untuk menunaikan ibadah haji dan bersama-sama menjalankan sholat.

"Pada hari Raya Idul Adha, umat Muslim di seluruh dunia akan memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya, dan membagikan makanan kepada mereka yang kurang beruntung – mengingatkan akan nilai-nilai bersama dan akar yang sama dari tiga agama besar di dunia," kata Obama, yang pekan lalu menyambangi Indonesia selama kurang dari 24 jam.

"Atas nama rakyat Amerika Serikat, kami mengucapkan selamat menunaikan ibadah Haji – semoga menjadi haji yang Mabrur dan Eid Mubarak," lanjut Obama dalam pesan yang diteruskan oleh Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Sementara itu, mewakili pemerintah Inggris, Menteri Luar Negeri William Hague juga menyampaikan pesan yang sama. "Saya bangga bahwa pemerintah Inggris telah mengirimkan delegasi haji Inggris ke Arab Saudi untuk menyediakan bantuan kepada para jemaah haji Inggris. Eid-ul-Adha juga merayakan pengorbanan nabi Ibrahim," kata Hague.

Dalam pesan yang disampaikan lewat Kedutaan Besar Inggris di Jakarta, Hague mengatakan bahwa momen ini adalah saat yang tepat "bagi kita untuk menyadari dan merayakan landasan yang sama dari setiap keyakinan dan mengedepankan hal – hal yang menyatukan kita ketimbang mencari perbedaan – perbedaan yang ada."

"Saya mengucapkan selamat Eid-ul-Adha,” kata Hague.

0 komentar:

Posting Komentar